Koki Terkenal – Gordon Ramsay

Gordon Ramsay adalah salah satu koki dan pemilik restoran terbaik dunia. Lahir di Skotlandia dalam keluarga kelas pekerja, hari ini dia bernilai jutaan dolar – dan ini adalah kekayaan yang dia ciptakan sendiri, langsung dari nol. Cari tahu lebih lanjut tentang karier bintang Gordon-Ramsey.

Gordon James Ramsay, salah satu koki selebriti top dunia, mungkin paling terkenal karena perannya dalam acara memasak televisi terkenal: Hell’s Kitchen. Dianugerahi total 16 Bintang Michelin selama seluruh karirnya sejauh ini, ia dianggap sebagai salah satu koki dan pemilik restoran terbaik di dunia. Asal tahu saja, Bintang Michelin hanya diberikan kepada sejumlah kecil restoran yang memiliki kualitas luar biasa. Tapi keinginan untuk menjadi koki terbaik dunia bukanlah bagaimana Gordon Ramsay memulai karirnya.

Gordon Ramsay mulai sebagai pemain sepak bola pada usia 12 tahun. Dia mengakui bahwa ini adalah jalan keluarnya dari sebuah rumah yang memiliki ayah pecandu alkohol yang melecehkan ibunya. Tapi takdir memikirkan sesuatu yang lain untuknya. Dia melukai lututnya dan merobek ligamen – akhirnya menyebabkan dia meninggalkan sepakbola. Jadi pada usia 19 dia mulai lebih memperhatikan untuk menciptakan karir di katering.

Gordon Ramsay mulai bekerja sebagai koki komis di Wroxton House Hotel. Dia harus pergi karena hubungannya dengan istri pemilik. Kemudian dia pindah ke London di mana dia bekerja di bawah Marco Pierre White yang sangat temperamental di Harveys. Akhirnya, ingin memperkaya karirnya, dia pindah ke Prancis. Di sana, dia bekerja dengan koki hebat seperti Guy Savoy dan Joel Robuchon selama sekitar tiga tahun dan lebih meningkatkan tekniknya dengan masakan Prancis. Setelah itu dia bekerja sebagai koki pribadi di kapal pesiar pribadi Idlewild, yang berbasis di Bermuda.

Pada tahun 1993, Gordon Ramsay kembali ke London dan ditawari posisi sebagai Kepala Koki di La Tante Claire di Chelsea. Kemudian, bersama Marco Pierre White dan beberapa mitra bisnis White, Gordon Ramsay memulai sebuah restoran bernama Aubergine. Dia juga bekerja di Aubergine sebagai kepala koki dan memiliki 10% saham kemitraan dalam pendirian. Namun, pada 1997, kemitraan itu putus. Jadi pada tahun 1998, Gordon Ramsay membuka restorannya sendiri bernama Gordon Ramsay di Royal Hospital Road. Pada tahun 2001, restoran tersebut mendapatkan bintang Michelin ketiganya. Dan sejak saat itu, Gordon Ramsay tidak melihat ke belakang.
Karir Gordon Ramsay di televisi dimulai pada tahun 1998 dengan film dokumenter berjudul ‘Boiling Point’ yang kemudian ditindaklanjuti dengan ‘Beyond Boiling Point’ pada tahun 2000. Pada tahun 2001, ia muncul dalam sebuah episode ‘Faking It’ dimana ia membantu seorang calon chef pelajari perdagangan. Episode ini memenangkan penghargaan BAFTA untuk Momen TV Faktual Terbaik.

Kemudian, Gordon Ramsay membintangi serial televisi Inggris berjudul ‘Ramsay’s Kitchen Nightmares’ di mana dia mengunjungi restoran yang gagal dan membantu mereka menemukan jalan keluar dari keterpurukan. Serial ini masih berlangsung dan menjalani musim kelimanya di tahun 2007. Gordon Ramsay juga mulai membintangi serial lain yang berjudul ‘Hell’s Kitchen’. Ini adalah reality show, di mana dia mencoba melatih 10 selebriti menjadi koki saat mereka menjalankan restoran di Brick Lane yang terbuka untuk umum selama 2 minggu, selama pertunjukan. Pada tahun 2005, Hell’s Kitchen versi Amerika diluncurkan – acara ini sekarang dijadwalkan untuk musim keenam. Dia juga menjadi pembawa acara Kitchen Nightmares versi Amerika, yang juga dijadwalkan untuk musim ketiganya. Selama ini, Gordon Ramsay telah membuat reputasinya sebagai perfeksionis dan juga temperamennya yang pendek, dibumbui dengan kata-kata makian.

Pada tahun 2005, Gordon Ramsay meluncurkan program berbasis makanan berjudul ‘The F-Word’ yang merupakan kompetisi brigade, kompetisi masak tamu, laporan investigasi terkait makanan dan serangkaian proyek panjang beternak hewan yang kemudian disajikan di babak final.
Ramsay juga membintangi serial BBC Extras (Christmas Special) dan juga membintangi Gordon Ramsay: Cookalong Live, dan Gordon Ramsay: Uncensored.

Saat ini, Gordon Ramsay memiliki setidaknya 10 restoran di seluruh dunia dan telah menerima beberapa penghargaan (termasuk Bintang Michelin) dan kekayaan bersihnya saat ini mencapai lebih dari 65 juta Pounds. Dia juga berkonsultasi dengan beberapa perusahaan makan yang telah membuat nama yang bagus untuk diri mereka sendiri di industri perhotelan. Gordon Ramsay juga telah menulis lebih dari 15 buku masak yang berbeda.
Sungguh kehidupan Gordon Ramsay telah menjadi perjalanan yang luar biasa untuk mengatasi kesulitan di masa kanak-kanak, mengubah karier di tengah jalan, dan kemudian meluncurkan salah satu karier paling terkenal di industri kuliner saat ini.Kuliner kota Malang